CARA MENCARI IDE UNTUK MENJUAL PRODUK DIINTERNET

Posted by muse live 05 Februari, 2010 0 komentar
Sebagaimana layaknya kita di dunia offline menjual produk bisa menjual milik sendiri atau menjual produk orang lain. Karena banyaknya produk maka sebaiknya kita mensurvei dulu produk apa yang laku dipasaran dan sesuai minat kita. Seperti di toko atau pasar banyak yang jual produk misalnya tas,sepatu,alat elektronik dan masih banyak lagi .

Biasanya kalau kita lihat di toko atau mall-mall penjualan produk di kategorikan sesuai jenisnya seperti toko minyak wangi di lantai bawah,toko tas dan sepatu di tingkat dua dan toko elektronik di tingkat tiga kesemuanya tidak saling mererbut pelanggan karena mereka mempunyai keunggulan dan kelebihan tersendiri meskipun mereka sama-sama menjual produk yang sama. Karena mereka ada yang menjual eceran dan ada juga yang grosiran dan menjual bermacam merek unggulannya sesuai minat dan kesenangannya.



Untuk mencari produk apa yang laku di pasaran secara offline dan online kita bisa mengambil reverensi dari berbagai sumber seperti:

• Membaca majalah/tabloid mengenai usaha/bisnis

Dengan membaca majalah /tabloid bisnis maka kita bisa menganalisa dan memperkirakan biaya untuk bisnis. Seperti biaya awal untuk mulai usaha, alat dan barang yang diperlukan untuk berbisnis.Berapa karyawan yang dibutuhkan dan juga memberikan gaji yang sesuai untuk karyawan kita.Dan enaknya kalau membaca tabloid usaha kita bisa membaca orang-orang yang telah menggeluti usaha yang mereka geluti, kemudian bisa berbagi pengalaman, bertanya jawab dan tempat-tempat untuk membeli produk beserta daftar harganya,baik secara eceran atau grosiran.Bila tidak ada anda bisa tanyakan ke redaksi yang menerbitkan majalah bisnis tersebut dengan mengirim pertanyaan ke redaksi dengan mengirim email pertanyaan atau mengirim surat ke alamat redaksi. Pertanyaan anda akan di jawab di surat pembaca atau bisa juga lewat email anda.

• Mendatangi toko buku

Bila anda gemar ke toko buku andapun bisa cari buku-buku atau majalah yang membahas tentang bisnis misalnya yang sekarang popular majalah peluang usaha. Dimana di majalah tersebut membahas usaha dari A-Z . Sehingga kita bisa memprediksi barang apa yang laku dipasaran dan sesuai minat kegemaran anda semua.

• Mendatangi Pusat grosir/kulakan di kota anda

Berkunjunglah ke pusat-pusat kulakan/grosir yang terdekat di kota anda. Dengan demikian anda bisa membandingkan harga-harga barang yang akan anda jual. Baik secara eceran dan grosiran. Bila ada brosur atau daftar harga ambilah untuk reverensi dan analisa harga produk untuk dipelajari dirumah. Dan bagaimana pelayanan dari toko/kulakan tersebut menerima pesanan antar atau tidak?bisa ditukar/retur,ada diskon bila membeli dengan jumlah tertentu . Dan pelajari pula system-sytem yang mereka punya seperti system putus,reseller,sistim titip,tempo dan lain sebagainya.


• Joint Venture/Kerja sama

Kita bisa join Venture/ kerja sama dengan teman atau orang lain misal: teman anda punya produk dan anda yang memasarkannya melalui internet.

Contoh kasus:
Teman anda punya produk sandal/tas (podusen) anda foto barangnya atau minta price list(daftar harga) bagus lagi kalau ada brosurnya anda pasarkan lewat penjualan langsung atau internet dengan menawarkan harga satuan atau grosir. Tentunya anda harus merincinya dengan membuat blog pemasaran atau membuat artikel diinternet bila anda bisa membuatnya,bila tidak anda bisa mengirim email,atau sambil chating atau ketika main facebookan (jangan dipake komunikasi yang tidak jelas seperti pacaran kan sambil bisnis juga bisa). Kalau ada yang beli tinggal pesan ke yang punya produk biasanya kalau bisnis dengan internet barang dikirim dengan paket pos atau jasa pengiriman perhitungkan juga harga kirimnya.Dan jangan lupa buat akun bank untuk menerima pembayaran biasanya dengan trasfer bank yang sering di gunakan di internet biasanya bank BCA atau Mandiri Bila tinggal di Indonesia.

• Menjadi Agen/Reseller dari Perusahaan lain

Produk yang anda jual tidak harus produk sendiri, anda bisa menjual produk orang lain. Misal anda ingin menjual sandal,Ac,TV atau obat herbal atau produk yang lainnya.Anda bisa membeli dengan harga agen atau menjadi reseller produk tersebut.Ketentuannya ada pada masing-masing perusahaan tinggal anda nego saja. Ada yang sistim barang titip bila laku anda bisa ambil keuntungannya. ada yang cash and cary(ada barang ada uang), ada sistim komisi,ada sisitim target,ada sistim bagi hasil, ada sistim kredit dan masih banyak lagi.

• Apa yang anda lihat itulah peluang bisnis anda

Nah ini jurus yang paling edan.Ketika anda melihat sesuatu anda akan memikirkan benda didepan mata anda adalah peluang bisnis..Misal anda lagi berjalan-jalan ke tempat pembuangan sampah. Ternyata disana anda bisa mendapatkan peluang yaitu mendaur ulang sampah menjadi plastik/ membuat pupuk kompos. Jika anda melihat sesuatu ..........PIKIRKAN SEJENAK.........PASTI ada peluang bisnisnya Percayalah



• Menjual Produk Yang Berlogo Resell Rights

Anda juga bisa menjual produk-produk yang berlogo Resell Rights Artinya ketika anda sudah membeli atau mempunyai produk tersebut bisa anda jual kembali dengan harga bebas,tetapi Judul,Isi dan Penuisnya tidak boleh dirubah, Keuntungan 1000% untuk anda.

• Menjadi penulis kilat (hanya butuh waktu 10 menit atau kurang)

Cara ini sudah dipraktekan oleh buku the secret. Buku ini diambil dari buku Public Domain, dimana buku ini bisa didownlod gratis boleh diganti judul dan penulisnya.Jadi tidak perlu mengarang dari awal anda sudah menjadi penulis yang sah. Buku yang berasal dari Public Domain ini bebas disebarkan tanpa terkena hak cipta. Dijual ulangpun boleh asal ada yang mau membelinya. Kenyataannya banyak juga yang beli bahkan menghasilkan ribuan dollar seperti buku the Secret.


Alamat buku Publik Domain adalah http://www.gutenberg.net

Silahkan downlod buku-bukunyadisana sekitar 25.000 buku yang bisa anda downlod gratis,Ditraslet(diterjemahkan),dirubah judulnya,diganti penulisnyamenjadi nama anda sah-sah saja tidak terkena copyright.

Anda bisa jual digramedia,atau toko buku umumya,dijual diinternet dalam bentuk ebook atau onlinebook atau kalau anda punya komputer anda bisa berning ke cd dan buat sesuai kategori dan buat lebel sendiri sah-sah saja keuntungan 1000% untuk anda tidak harus bayar royalti.


• Membeli Hakcipta dan menjual Ulang

Nah cara ini juga bisa anda gunakan. Anda tidak perlu menciptakan produk sendiri(baik produk fisik maupun produk informasi/ebook dan lain-lain) orang lain yang menciptakan,anda beli lisencenya lalu anda jual bebas. Biasanya untuk hak cipta buku harganya paling rendah Rp 5000.000,- dan ada jumlah exsemplar tertentu. Bila sudah mencapai jumlah tertentu anda harus beli hak cipta kembali. Ada sistm Putus (sekali bayar) atau berulang-ulang sesuai pengarang buku.

• Mengunjungi situs-situs bisnis yang ada diinternet

Kitapun bisa mencari ide produk ,harga produk dan pesaing dengan menggunjungi internet seper ti situs-situs di bawah ini:

1. www.amazon.com
2. www.pulse.ebay.com
3. www.google.com/insight
4. www.google.com/trends
5. www.google.com/directory
6. www.google.com/product
7. www.buzz.yahoo.com
8. www.magazines.com
9. www.walmart.com


Setelah kesemuanya diatas dilakukan maka kita riset bagaimanaa pesaing kita,hargaproduk, kata kunci untuk situs kita.

• Amati Tiru Modivikasi (ATM)

Kita telah meriset dan mengamati situs-situs tersebut maka kita amati mana yang pas untuk dijadikan model situs kita, kemudian tiru cara membuat situsnya dan tata letaknya apa dulu yang di tampilkan seperti pembukaan,pengenalan produk,manfaat produk,harga produk , cara pesan produk dan bonus-bonus yang diberikan. Modivikasi agar tidak seperti menyalin situs orang


• Promosikan situs produk anda

Setelah online situs kita maka kita promosikan situs kita baik diiklan baris
internet,ppc,iklan benner,diforum-forum, jejaring social,Koran,radio,tv.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CARA MENCARI IDE UNTUK MENJUAL PRODUK DIINTERNET
Ditulis oleh muse live
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ilmanblogs.blogspot.com/2010/02/10-cara-mencari-produk-untuk-di-jual.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of ILMAN BLOG'S.